Palangka Raya - Pontianak episode-2.

Rabu, 14 Agustus 2013

Palangka Raya - Pontianak Via Trans Kalimantan


(Baca juga: Palangka Raya - Pontianak via Trans Kalimantan Episode-2 Tahun 2014)
HP/WhatsApp: 08125033956









Bagi mereka yang memiliki hobi adventure, Jika ingin melakukan perjalanan ke Pontianak dari Palangka Raya, sekarang sudah dapat dilakukan melalui jalan darat Trans Kalimantan Jalur Selatan sejauh 1.042 km (ini ukuran yang benar) tanpa hambatan yang berarti.
Melalui pegunungan schwaner yg membelah perbatasan Kalbar dengan Kalteng sungguh menyajikan pemandangan dan suasana yang menyegarkan.


Penulis ditemani istri dan tiga orang anak melakukan perjalanan tersebut menggunakan mobil Avanza type G 1300 cc keluaran tahun 2010 dengan start hari pertama :
- Palangka Raya
- Selasa, 6 Agustus 2013
- Pukul 05.00 WIB
Dengan Etape 1 s/d 6 :
1. Palangka Raya - Kasongan 88 km
2. Kasongan - Sampit 132 km
3. Sampit - Smp Sebabi 90 km
4. Smp Sebabi - P. Banteng 84 km
5. P. Banteng - Smp Runtu 32 km
6. Smp Runtu - Ng Bulik 66 km
Kondisi jalan baik, ada beberapa titik tambal sulam dan lubang yg tidak terlalu mengganggu untuk dilalui.
Etape:
7. Ng Bulik - Kudangan 114 km
Ada beberapa titik jika ditotal lebih kurang 5 km jalan berupa hamparan batu halus yang siap di aspal dan beberapa jembatan dalam tahap penyelesaian sehingga harus melalui jembatan darurat, selain itu jalan dalam keadaan mulus.
Etape:
8. Kudangan - Tapal Batas Kalbar/Kalteng 23 km
Kondisi jalan ada yang mulus +/- 15 km, hamparan batu halus siap di aspal +/- 5 km dan jalan pengerasan +/- 3 km, keadaan kondisi jalan tersebut fluktuatif tidak dalam satu hamparan, artinya berselang seling dengan yang mulus serta beberapa jembatan darurat dan jembatan dalam pengerjaan.
Antara Nanga Bulik dan tapal batas, jalan berkelok, tanjakan dan turunan, terdapat 28 buah jembatan darurat/ dalam pengerjaan, dengan jumlah terbesar ada disekitar Kudangan nenuju tapal batas.
Kami tiba di tapal batas sekitar pukul 17.05 WIB dengan Jumlah jarak tempuh 629 km.
Rencana semula akan bermalam di Kudangan (penginapan sederhana), namun karena kebablasan terlanjur sampai di gerbang perbatasan Kalbar/Kalteng, akhirnya kami bermalam di warung yang terdapat di Perbatasan Kalbar/Kalteng.
Ada tiga buah warung beroperasi 24 jam yg berjualan makanan/minuman, bahan bakar dan jasa tambal ban di seputar gerbang tapal batas tersebut, mereka juga menyediakan tempat bagi driver untuk sekedar meluruskan badan dan tidur untuk menyalurkan rasa kantuk.
                                                         warung diperbatasan

Jika kondisi tubuh prima istirahat tidur 3 sampai 4 jam sudah cukup untuk melanjutkan perjalanan memasuki wilayah Kalbar menuju Pontianak di malam hari karena kondisi jalan hanya 5 km dalam satu hamparan yang berupa batuan halus siap di aspal, selebihnya jalan dan jembatan dalam keadaan mulus lus.
Start hari ke dua :
- Tapal Batas Kalteng/Kalbar
- Rabu 7 Agustus 2013
- Pukul 05.00 WIB.
Etape :
9. Tapal Batas - Ng Tayap 63 km
Jalan berkelok, tanjakan dan turunan keadaan mulus, hanya 5 km dalam kondisi batuan halus siap aspal
Etape 8 s/d 12 :
10. Ng Tayap - Sandai 42 km
11. Sandai - Bl Bekuak 112 km
12. Bl Bekuak - Teraju 52 km
13. Teraju - Tayan 32 km
14. Tayan - Pontianak 113 km
Kondisi jalan mulus dan jembatan permanen, ada dua jembatan yg permukaannya batuan halus siap di aspal.





Memasuki Kecamatan Tayan kita nenyeberangi sungai Kapuas (jembatan sedang dibangun) dengan Ferry KM Silok / KM Tawes dengan jadwal operasi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, selebihnya dilayani ferry tradisional.
Jumlah jarak tempuh dari tapal batas Kalbar/Kalteng ke Pontianak adalah 413 km
Sehingga total jarak yg ditempuh dari Palangka Raya ke Pontianak adalah 1.042 km.
Perjalanan pulang hari Sabtu 10 Agustus 2013 dengan istirahat tidur di Pangkalan Lada (dekat Simpang Runtu) sampai di Palangkaraya hari minggu 11 Agustus 2013 pukul 14.30 WIB, dengan total jarak tempuh PP 2.086 km, menghabiskan 160 liter premium (1 liter : 13,04 km), serta menghasilkan satu buah paku 6" di ban kiri saat pergi dan satu buah baut 10 di ban kanan saat pulang, semua terjadi di seputar Kudangan.


Rencana berikut Palangka Raya - Balikpapan, Semoga Tuhan berkehendak.
Semoga info ini bermanfaat & Selamat ber petualang.





Kondisi jalan yang paling buruk seperti gambar berikut ini, selain itu semua dalam keadaan mulus :
























230 komentar:

  1. keren-keren bang keren perjalanannya...saya ada rencana utk bepergian ke palangkaraya dari pontianak bang...

    BalasHapus
  2. keadaan jalan k palangkaraya skrg gmna bang ?

    BalasHapus
  3. Keadaan jalan aman terkendali, hanya saya sarankan untuk rute tapal batas sampai Ng Bulik sebaiknya ditempuh sebelum matahari terbenam, krn melewati banyak jembatan darurat, siapa tau kena paku atau bocor ban jd masih bisa cari tambalan. kalau jalan nya tak masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, saya akan menempuh perjalanan ini liburan semester bulan februari 2014.. menggunakan sepeda motor...

      Hapus
  4. mau tanya nih: gmn ya kondisi jalan saat ini..trs gmn kalau qt pake kendaraan jenis sedan..apakah kendaraan jenis sedan s/d saat ini kadak bisa melewati jalan darat trans kalteng - kalbar..trims..

    BalasHapus
  5. sy sdh 2x melewati trans kalimantan bang, pontianak-banjarmasin (pp) tahun 2012 dan 2013, kondisi 2012 sy dan rombongan terjebak jalan berlumpur karena jalan negara blm selesai. agustus 2013, sy terkejut luar biasa jalan negara sdh nyaman. insya Allah 2014 depan sy akan melewati jalur trans kalimantan lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, betul sy juga kaget terutama di wilayah kalbar, saya berbekal potongan ulin untuk siap² kalau kejebak di kubangan, ternyata mulus.

      Hapus
  6. Kalo kendaraan umum ada gak bang dari ponti ke palangka?

    BalasHapus
  7. Kendaraan umum ada inova atau avanza tapi masih mahal +/- Rp. 600rb.

    BalasHapus
  8. Keren bang perjalanannya... sy ada rencana juli 2014 untuk melintasi jalur trans kalimantan dengan sepeda motor, rencana start dari batulicin, banjarmasin, palangkaraya, pontianak. SPBU sepanjang rute tersebut ada ngga bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPBU banyak hanya persediaan premium cepat habis, tapi pengecer banyak disepanjang jalan.

      Hapus
  9. thanks utk jaraknya....karena saya tidak sempat mencatat jarak sewaktu pergi ke palangka raya dari pontianak thn 2013...

    BalasHapus
  10. Terkesan dengan tulisan ini..maklum saya Dulu sering berjalan ke wilayah itu mengajak orang kalimantan sekolah kesehatan...Ke pontianak balik jakarta terbang lagi ke palangka lanjut ke banjarmasin sampe samarinda...perbatasan RI harusnya dibuat jalan sabuk perbatasan trans Utara..mantap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tksh, skrg hub antar ibukota prov di kalimantan sdh lebih baik.

      Hapus
  11. Siap-siap episode 2 Palangkaraya - Pontianak, start tanggal 26 Juli 2014.

    BalasHapus
  12. saya baru-baru ini jalan k tapal batas udah 2 x, terakir tanggal 19-20 kmrn om. sekedar jalan-jalan sma alumni SMA gembala baik pontianak menggunakan avanza.

    sebelumnya saya sudah k tapal batas menggunakan sepeda motor. perjalanan yang sangat-sangat berkesan.

    pemandangan trans kalimantan yg luar biasa heheee

    jilid 3 rencananya kami akan menempuh perjalanan sampai ke kaltim. mudah-mudahan terwujud

    BalasHapus
  13. oh iya kebetulan kampung halaman saya di kabupaten ketapang, tepatnya di kec simpang dua sekitar 3 jam-an dari tapal batas om, jadi, gak perlu khawatir lah heheee kalo ke pontianak biasanya bermalam dmna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nginap di warung di perbatasan, tapi ini rencananya nginap di Ng Tayap atau Kudangan, lihat situasi.

      Hapus
  14. ohhh gitu hehe ntar ke ptk barengan keluarga lagi ya bang
    kalo udah d ptk nginap dimana bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Pontianak bersama Keluarga tp gak lengkap seperti kemarin krn anak ke 2 sedang KKN di Yogya jd gak bisa ikut. Di Pontianak nginap di tempat adik di Jl. Tanjung Raya II, rencana sampai Sanggau Ledo.

      Hapus
  15. Dari 28 buah pada tahun 2013, di tahun 2014 Kini tinggal 12 jembatan kecil sedang dalam pembangunan, sehingga kita harus melewati jembatan darurat, sedangkan badan jalan semua sudah di aspal.

    BalasHapus
  16. Mas Agus, rencana saya akan melakukan perjalanan darat dari Banjarmasin ke Sukamara, mohon infonya mas, mengenai perjalanannya memakan waktu berapa jam ya? kondisi jalannya seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bjm - Palangka Raya +/- 4 jam jalan baik, Plk - P'Bun +/- 8 jam jalan baik, P'Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) +/- 1jam jalan tanah berdebu (kemarau), Kolam - Sukamara +/- 1 jam jalan bekas diaspal sebagian sudah rusak. Maaf terlambat balas.

      Hapus
  17. Bang, disebutkan ada penyeberagan ferry di Kec. Tayan menyeberangi sungai Kapuas. Berapa tarif penyeberangan utk jenis mobil Avanza. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sblm bensin naik 70000. Nah kalo sesudah sy kurang tau bang bro. Hehe

      Hapus
    2. Rp 70.000,- sdh termasuk penumpang.

      Hapus
  18. kira2 kalo dari pontianak ke palangkaraya itu memakan waktu brpa hari bos?

    BalasHapus
  19. @Domo Balanganm
    wah asik tuh perjalanannya...kalau tour Palangka-Banjarmasin-Balikpapan asik juga...Bjm-Balikpapan perlu waktu sekitar 15 Jam..jalannya asik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh..ya, Bukit Soeharto katanya asik ya?!

      Hapus
    2. Panajam - Balikpapan biaya nyebrang nya brp Mas?

      Hapus
    3. Bulan lalu kami coba Banjarmasin - Tenggarong, mau nonton konser musik Fire House . Jalan daerah Kalsel mulus, tapi setelah masuk Kaltim (kab. passer ) banyak yang rusak. Ongkos Ferry 270rb . SPBU banyak, sinyal telpon (Telkomsel) bagus. Setelah konser jam 12.30 malam langsung pulang ke Banjarmasin, tiba jam 5 sore . Kalimantan sangat indah... I Love Indonesia

      Hapus
    4. Tksh info Kaltimnya! Itu lewat Barabai ya mbak Nani?

      Hapus
  20. Saya dan teman baru melakukan perjalanan darat dari Pontianak - Samarinda...3 malam 2 hari (jalan pagi sampai sore/jelang malam)...dari banjarmasin ke arah penajam, jalan agak rusak dan berbukit, tapi masih pantas di lalui...biaya nyebrang nya 275.000 waktu pergi, baliknya 263.000...@Pak Mulyadi...bukit Soeharto itu kita lalui untuk menuju ke Samarinda..lumayan berkelok..tapi jalan mulus dan lebar...

    BalasHapus
  21. Maksudnya jalan dekat2 menuju penajam agak rusak dan berbukit...(jalan perbatasan kalsel-kaltim)...

    BalasHapus
  22. Terima kasih buat Pak Mulyadi dan teman2 yg komentar di sini, sangat membantu perjalanan kami dengan selamat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat atas perjalanannya, tksh info tentang panajam dan bukit Soeharto.
      Saya 28 Des 2014 - 4 Jan 2015 touring Palangkaraya - Tayan - Sosok - Sanggau - Sintang - Sanggau - Sosok - Ngabang - Sei Pinyuh - Pontianak - Tayan - Palangkaraya.
      Jalan Tayan - Sosok - Sanggau dalam keadaan rusak.

      Hapus
  23. alhamdulillah raye idul fitri simari dapat juak balik kee kampong halaman di Sambas dari Samarinda.....perjalanannye mengasyikkan...kappaknye terbayarkan....makkasih infonya

    BalasHapus
  24. Permisi abang-abang,, mohon infonya dan pencerahannya untuk jalur yang ditempuh dari pontianak menuju makassar.. rencana pengen travelling bersama teman2.. terima kasih seb3lumnya abang-abang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus lewat darat + udara atau darat + laut.
      Daratnya: Pontianak - Palangkaraya - Banjarmasin (+/- 1.250 km) baru disambung Kapal laut atau Pesawat udara.

      Hapus
  25. Selamat siang Bang Agus Mulyadi... mohon info jalur Balikpapan - Palangkaraya .. makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada masalah, jalurnya : Bpp-Tanjung-Tamiang Layang- Buntok - Palangkaraya lebih dekat. Atau Bpp - Barabai - Kandangan - Banjarmasin - Palangkaraya.

      Hapus
  26. Mohon info nya pak. Yg lbh deket ke ponti apakah Dr banjar or palangka?

    BalasHapus
  27. Mohon info nya pak. Yg lbh deket ke ponti apakah Dr banjar or palangka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banjarmasin - 200 km - Palangkaraya -1.050 - Pontianak .

      Hapus
    2. Kalau dari Bjm mau ke Pnk harus melalui Plk.
      Kalau dari Balikpapan - Plk - Pnk lebih dekat dari pada Balikpapan - Bjm - Plk - Pnk.

      Hapus
  28. mau tanya om rencana saya dari banjarmasin mau ke ketapang dan tujuan akhir kendawang,rute yang harus dilewati apa aja om?maklum pemula mohon info dan pencerahannya makasih sebelumnya

    BalasHapus
  29. Naik Mobil apa Sepeda Motor? Routenya Banjarmasin - Palangka Raya - Sampit - Simpang Runtu - Kudangan - Nanga Tayap, sampai Ng Tayap ada simpangan ke Kiri ke arah Ketapang, saat ini Jalan Nanga Tayap - Ketapang dalam perbaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik mobil om,untuk jalan yg masih tahap perbaikan tp tetap bisa dilaluikan om?
      makasih infonya om sangat bermanfaat bagi pemula ini

      Hapus
    2. Kalau musim hujan tak bisa dilewati krn pasti dibeberapa titik bisa terperosok, kalau musim kemarau bisa. Kalau mau tau keadaan saat ini bisa tanya sama Bp. Maridi beliau tinggal di Ng Tayap dan sering ngantar penumpang ke Ketapang no.hp beliau 082153857399.

      Hapus
  30. Terima kasih atas informasi yang sangat lengkap pa. Jadi semangat ingin coba Banjarmasin - Pontianak, semoga sekarang jalan & jembatannya lebih baik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya..jalan dan jembatannya sudah baik, kemungkinan bulan juni jembatan Tayan sdh selesai (1.400 m) jadi tak perlu pakai ferry lagi!

      Hapus
  31. Om,kalau dari ketapang mau ke banjarmasin pakai roda dua rute yang ditempuh darimana kemana pak,mohon pencerahannya om,thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Ketapang menuju Nanga Tayap, belok kanan terus kearah Perbatasan Kalbar/Kalteng - Kudangan - Ng Bulik - Simpang Runtu - Sampit - Kasongan - Palangka Raya - Pulang Pisau - Kuala Kapuas - Banjarmasin.

      Hapus
  32. Pak agus kalau dr ptk menuju makassar lewat darat + laut rutenya lewat mana aja pak... mohon bantuannya pak.. trims...

    BalasHapus
  33. Pak agus kalau dr ptk menuju makassar lewat darat + laut rutenya lewat mana aja pak... mohon bantuannya pak.. trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus lewat darat + udara atau darat + laut.
      Daratnya: Pontianak - Palangkaraya - Banjarmasin (+/- 1.250 km) baru disambung Kapal laut atau Pesawat udara.

      Hapus
  34. Pak Agus, apakah ada rute yang lebih cepat dari Balikpapan - Pontianak lewat darat. dan kondisi jalan terburuk diperkirakan daerah mana ya pak? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi jalan terburuk 2014 ada di menjelang Tanjung saat ini berdasarkan info sudah baik.
      Rute terpendek lewat Bpp - Tanjung - Buntok - Palangkaraya - Pontianak.

      Hapus
    2. Pak Agus, kami berencana melakukan perjalanan dari Balikpapan ke putussibau Kalbar. Sy baru tau ternyata tidak masuk kota pontianak menuju putussibau. Apakah bapak mengetahui info jalan darat menuju kota putussibau. Atau rute yang mendekati kota tsb? Apa saya bisa mengadd nomor ponsel/pin bb bapak?. Terimakasih

      Hapus
    3. Ke Putusibau melewati Sintang, jadi baca tulisan saya yang ke Sintang. Silahkan di add.

      Hapus
    4. Kondisi Jalan terburuk ada di Tayan - Sosok - Sanggau.

      Hapus
    5. untuk jalan perbatasan, di kaltim kalsel, masih jelek..
      sudah ada yang di cor jalan, cuma separoh2, jalanan perbatasan kaltim, lumayan bagus setelah air terjun...

      Hapus
  35. pak saya rencana dari pontianak mau ke palangkaraya.apakah jalan sudah bagus dan bisa tidak memakai mobil suzuki karimun estilo 1000cc,thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, krn semua jalan sudah teraspal dan jembatan sudah selesai kecuali jembatan Tayan masih harus pakai Ferry.

      Hapus
  36. travel darat rute bjm-plk-ptk ada ngk yaa...ongkosnya brpa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Travel resmi belum ada, yg belum resmi ada ongkosnya sekitar 700an ribu.
      Kalau bus resmi ada tapi estafet, tak ada yg langsung. Bjm - P'Bun, lanjut P'Bun - Ptk.

      Hapus
  37. mohon info jalur darat terdekat ptk-smrinda
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ptk - Palangkaraya - Buntok - Tanjung - Balikpapan - Samarinda.

      Hapus
  38. mau tanya pa, Dari Palangka ke Pontianak itu melewati pangkalanbun dan sukamara juga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak lewat Pangkalan Bun, sampai Simpang Runtu belok kanan ke arah Nanga Bulik terus ke Kudangan.

      Hapus
    2. betul sebelum pangkalan bun....dari sampit menuju simpang runtu nanti belok kanan arah nanga bulik....

      Hapus
  39. setelah sy baca komen2 blog bpk, berarti ada ya pak bus resmi dari ponti ke pangkalanbun, operatornya apa dan tarifnya berapa ya pak, mungkin bpk tahu, rencana bulan oktober mau ke jalan2 ke kuching lewat darat.. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar ga bingung, saya dari palangka, mau ke kuching,

      Hapus
    2. Bus dari Pangkalan Bun - Pontianak PP ada, operatornya DAMRI dengan YESOE, mengenai tarif sy gak tau tapi coba cari info diperwakilannya di Palangkaraya.

      Hapus
  40. rencana mau ambil mobil di singkawang rute darat ke banjarmasin...jalan nya kita lewat mana ya...lewat pontianak pertama jalan ke arah mana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Singkawang setelah Jembatan Landak ambil arah ke Tayan.

      Hapus
    2. saya lupa jembatan landak yg mana...sebelum masuk kota pontianak ya..sungai pinyuh lewat ya om...minggu depan saya lewat darat.

      Hapus
    3. Jembatan Landak sudah masuk kota pontianak tp masih di siantan, sebelum jembatan kapuas I. Sebenarnya lewat sungai pinyuh bisa, sampai Sosok belok kanan ke arah Tayan, tp sekitar 20 km jalannya sedang diperbaiki.

      Hapus
    4. brarti jalan yg mulus lebih baik lewat pontianak ya om dari siantan...trima kasih info nya nanti jika butuh bantuan arah saya tlp om agus ya...kira kira di hutan sana pake kartu apa ya supaya bisa nelp diperjalanan.

      Hapus
    5. Ya, lebih dekat lewat Pontianak dan jalannya mulus. Sepertinya Telkomsel lebih banyak jaringannya.

      Hapus
  41. Om sampit bontang yg cepat lewat mana ya
    ..pke mtor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat Palangkaraya - Buntok - Tanjung

      Hapus
    2. Lewat Palangkaraya - Buntok - Tanjung - Penajam - Balikpapan - Samarinda - Bontang.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  43. Bisa ga om dr palangkaraya ke pontianak pakai sedan? Sy rencana mau ke pontianak bw sedan baleno..katanya selain pake feri ada tongkang buat nyebrang khusus mobil2 rendah seperti sedan.apa betul?

    BalasHapus
  44. Bisa ga om dr palangkaraya ke pontianak pakai sedan? Sy rencana mau ke pontianak bw sedan baleno..katanya selain pake feri ada tongkang buat nyebrang khusus mobil2 rendah seperti sedan.apa betul?

    BalasHapus
  45. Gak ada masalah walau pake mobil rendah, selain fery yg dikelola oleh ASDP, ada fery yg dikelola swasta menggunakan tongkang besi seperti tongkang pengangkut batubara tp ukuran agak kecil bisa memuat 15an mobil sekelas Avanza/inova naik turunnya ke fery lebih landai sehingga enak untuk sedan.

    BalasHapus
  46. saya baru datang dari pontianak menggunakan toyota rush melalui tayan menyeberang ke teraju menggunakan tongkang muat sekitar 30 unit mobil besar & kecil biaya 100rb>teraju>bekuak>sandai>nanga tayap>tapal batas>kudangan>nanga bulik>istirhat menginap di simpang runtu perjalanan 12 jam (jam 08 pagi s.d jam 08 malam)....jalanan kalbar lebih mulus/lurus jembatan sudah jadi tidak ada yg rusak dan jalan cukup lebar begitu masuk tapal batas jalanan mulus namun berkelok naik dan turun gunung agak menguras tenaga.....besok hari nya jam 08 pagi saya melanjutkan perjalanan start dari simpang runtu>pangkalan banteng jalan mulai bergelombang dan ada pengerjaan proyek pelebaran jalan>smp. sebabi>menuju sampit jalan bergelombang kondisi jalan melebar kemudian mengecil dimanan sisi kanan dan kiri jalan ada penggalian pelebaran jalan sedalam setengah meter cukup berbahaya jika kurang hati hati apalgi kecepatan tinggi berselisih dengan truk besar sampai menuju sampit>kasongan>palangkaraya>pulang pisau>tiba dibanjarmasin jam 9 malam....selama perjalanan mengisi 4x bbm...pertama isi full di ptk ke kemudian diperjalanan apabila tangki sudah setengah full segera diisi di spbu yg buka karna jarak spbu sangat jauh kadang ada yg tutup...total perjalanan 2 hari ( 1 hari hanya sanggup 12 jam menyetir).

    BalasHapus
  47. Pk mo tanya itu khan ad bus damri sma yesoe,,klo dri Pontianak ke Sampit berapa jm pk kira2...soalnya ne dalm perjalann ke sampit

    BalasHapus
  48. kapan ke tenggarong? des lalu sy sdh ke plk raya via amuntai-bjmsn-p pisau. pulang plk raya via buntok-t layang-tjng-grogot-bklppan-tgr. saya juga sdh sampai malinau sep 14 via bontang-muara wahau-tj redeb-tjg selor 3 hari by crv 2005

    BalasHapus
  49. kapan ke tenggarong? des lalu sy sdh ke plk raya via amuntai-bjmsn-p pisau. pulang plk raya via buntok-t layang-tjng-grogot-bklppan-tgr. saya juga sdh sampai malinau sep 14 via bontang-muara wahau-tj redeb-tjg selor 3 hari by crv 2005

    BalasHapus
  50. Makasih infonya om, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  51. jalan kalteng-kalbar udh tembus ngk ada kendala..hati hati dijalan aja khususnya dari sampit ke simpang runtu...banyak truk sawit,truk tangki, dan truk alat berat melintas...jalanan cukup sempit , ada sebagian kerusakan jalan yg tidak rata...hati hati tikungan kadang banyak jebakan lubang di bahu jalan kurangi kecepatan liat situasi jalan..

    BalasHapus
  52. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  53. ikut ningbrung ya, sy sdh 3x pp smd-skw,jalur pendek smd-buntok-palangkaraya-sampit-tayan-pnk-skw ttl waktu 44 jam perjalanan tidak termasuk inap

    BalasHapus
  54. Pak saya rencana tanggal 18 des ini mau ke banjar dari pontianak. Apakah pak agus atau teman2 disini ada yg bisa update kondisi jalanan akhir2 ini dan titik terparah nya dimana, ? Kalau dari ptk better berangkat jam berapa dan Nginap nya dimana kemudian start setelah inap jam berapa ya Pak? Mohon arahan dan bantuan nya . Kalau ada yg berencana ke plk atau bjm sekitar tgl 18-19 desember boleh contact2. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 13-20 Juli 2015 saya baru melakukan perjalanan Palangkaraya - Tayan - Bengkayang - Jagoi Babang - Sambas - Pontianak - Palangkaraya, kondisi jalan semua sudah teraspal, tidak ada yg perlu dikhawatirkan, info terakhir jembatan tayan sdh bisa fungsional bulan Nopember 2015.
      Kalau mampu nyetir + istirahat selama 12 jam, sebaiknya dari Pontianak pukul 06.00 WIB, nginap di Nanga Bulik, besok paginya sekitar pukul 06.00 WIB berangkat kembali menuju Sampit, Palangkaraya, Banjarmasin.

      Hapus
    2. Silahkan komunikasi via WhatsApp.

      Hapus
    3. mantap om medi..dtggu kedtanganya ke Kal Bar lagi....

      Hapus
  55. mau tanya nic om kalau travel/taxi Banjarmasin-Pontianak ada ngak yac?
    kalau ada boleh lah bagi kontaknya.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Yessoe 085350848825
      Bus Damri 085245139996 - 0561744859
      Travel Iwan 085245113723

      Hapus
    2. met siang om Agus makash banyak referensinya kami melakukan touring Ertiga ada 13 nmobil dari tanjung-banjarmasin-palangkaraya dan sampir berangkat dari Palangkaraya tgl 23 Des kembali ke palangkaraya tgl 26...dan khusus saya lanjut ke Kuching omm jalan sekarang mantabs dan lancar jembatan sudah kami lewati karena rombongan maka kami bisa lewat jembatan tayan....total dari palangkaraya- ponti-kuching-tayan-palangkaraya 2.812 Km pp bensin habis 188liter atao 15km/liter....
      makasih banyak info sebelumnya salam meta tahun baru Tuhan memberkati

      Hapus
    3. Wah..hebat, tksh kembali, Slmt Tahun Baru Tuhan memberkati.

      Hapus
    4. Ke Kuching lewat Jagoi Babang apa lewat Entikong?
      Kalau bisa posting pengalamannya. Tksh

      Hapus
    5. Met Sore Om Agus kami dari pontianak -entikong-tebedu-serian kuching nginep 2 malam baru kuching tebedu-entikong-tayan go kalteng ommm
      di entikong mobil kaca film maksimal 20% aman mbl sy udh 3 tahun alias udh tembus pandang kaca film..bayar asuransi 150ribu di entikong lalau di tebedu/malaysia bayar 70ringit ato 200an ribu untuk perjalanan maksimal 7 hari bisa dipoerpanjang.....dari entikong ke kuching sekitar 115km aja jalan super mulus super tertib demikain info om...met sore Berkah Dalem....

      Hapus
  56. Maaf pak, mau tanya jalur yang harus d lewatin kalo dari jakarta ke kalimantan tengah, tepat nya ke puruk cahu .. Lwat jalur darat dan laut.. Menggunakan motor ..
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Bisa naik kapal dari Semarang / Surabaya ke Sampit terus dilanjutkan darat Sampit - Palangkaraya - Buntok - Muara Teweh - Puruk Cahu.
      2. Semarang / Surabaya naik kapal ke Banjarmasin, lanjut darat Banjarmasin - Buntok - Muara Teweh - Puruk Cahu.

      Hapus
  57. Maaf pak mau tanya. Kalo travel darat pontianak palangkaraya ada? Boleh minta kontaknya ��

    BalasHapus
  58. Maaf pak mau tanya. Kalo travel darat pontianak palangkaraya ada? Boleh minta kontaknya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Yessoe 085350848825
      Bus Damri 085245139996 - 0561744859
      Travel Iwan 085245113723

      Hapus
  59. Kl dari Palangkaraya nya di daerah mana nya yg bisa ke Pontianak ... maksudnya bukan lewat. ..Sampit -pangkalanbun... dst.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dr Palangkaraya ke Pontianak harus lewat Sampit belum ada jalan lain.

      Hapus
  60. Apa khabar semua sy izzudin dr malaysia.Rencana bulan juni saya mahu roadtour pontianak - banjarmasin. Gimana kondisi jalan, masa perjalanan dan kalo bisa info jasa sewaan mobil. Dari banjarmasin naik pesawat ke balikpapan langsung ke kuala lumpur. To

    BalasHapus
  61. Mantap infonya sangat membantu..liburan lebaran tahun ini mau touring dr Bjm ke singkawang moga selalu updateinfo terkini soal jalan mana yang rusak/perbaikan...

    BalasHapus
  62. Mau tanyak, karna saya dari jawa, pontianak ke palangkaraya ada bus umum gak ya ataw pake mobil travel ?pingin jalan2 darat dari pontianak-palangkaraya-banjarmasin-balikpapan
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus Yessoe 085350848825
      Bus Damri 085245139996 - 0561744859
      Travel Iwan 085245113723

      Hapus
  63. Info: Jembatan Tayan sekarang sudah dibuka dan bisa dilewati...

    BalasHapus
  64. Makasih pak mulyadi. Karna blog ini perjalanan kami bulan juli 2015 dari Balikpapan ke Pontianak - Putussibau berjalan baik. Baru ingat memosting kembali disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa berbagi rute2nya pak? Kmungkinan juli kami dr smrinda ke pontianak. Menggunakan avanza aman aja kh? Trims..

      Hapus
  65. Makasih pak mulyadi. Karna blog ini perjalanan kami bulan juli 2015 dari Balikpapan ke Pontianak - Putussibau berjalan baik. Baru ingat memosting kembali disini :)

    BalasHapus
  66. pak mau tanya kalo naik bus dari banjarmasin ke ketapang atau palangkara ya ke ketapang. apakah ada armadanya. thnk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau naik bus dari Palangkaraya ke Pangkalan Bun dahulu, baru lanjut travel dari P'Bun - Ketapang, atau Bus P'Bun ke Nanga Tayap baru ganti travel Ng Tayap ke Ketapang.

      Hapus
  67. sekarang sdh ada 2 prshn bus pontianak-pangkalanbun-p.raya-b.masin pp, yaitu damri dan yessoe travel, sy sdh coba awal 2016 lalu. dgn bis lbh nyaman dbandingkan dg mobil kecil.

    BalasHapus
  68. pa agus berapa jam kl dr bjm ke ketapang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih kurang 18 - 20 jam, tergantung kecepatannya.

      Hapus
  69. Terima kasih saya ucapkan buat Bapak Agus . krn informasinya sangat membantu . Pak ini saya Kaitinor mohon informasinya saya minggu depan mau ke Palangkaraya dari Pontianak dan hrs naik apa. tks

    BalasHapus
  70. Terima kasih, moga saya bisa dapat info tsb. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungi ini aja:
      Bus Yessoe 085350848825
      Bus Damri 085245139996 - 0561744859

      Hapus
  71. Selamat malam pak agus, saya mau tanya kalau saya mau ke pulau derawan dari ketapang travel apa saja yg tersedia dan jika bawa kendaraan roda 4 sendiri lewat jalur apa saja.terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  72. Belum ada travel khusus, masih estafet, sebaiknya naik bus krn perjalanan jauh.
    Routenyya Ktp - Nanga Tayap - Nanga Bulik - Sampit - Palangka Raya - Buntok - Tanjung - Balikpapan - Samarinda - Berau.
    Info terakhir Samarinda - Berau jalannya banyak lubang.

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  74. Selamat malam pak agus. Salam kenal dari saya,wandoyo di balikpapan. Saya ada rencana juni nanti ke pontianak. Saya mau tanya pak, di kudangan ada penginapan? Kira2 berapa km dari nanga bulik pak. Terima kasih atas infonya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Kudangan ada penginapan 125 km dari Nanga Bulik.

      Hapus
  75. Bang mau nanya berapa kilo kira kira dari simpang tiga tayap ke ketapang,dan apa mulus jalanya

    BalasHapus
  76. Sy belum pernah ke Ketapang dari Tayap, info dari adik sy di Ketapang jaraknya sekitar 100km tp kondisi jalan masih ada yg hancur kalau hujan bisa jadi bubur. Saat ini sedang perbaikan oleh PU Kalbar.

    BalasHapus
  77. terima kasih banyak om Agus infonya, sangat bermanfaat bagi saya, saya berencana touring dari Batu Licin ke Sanggau, tetapi saya belum tahu rute batu licin ke palangka raya, kalau tidak keberatan saya mau minta tolong om, minta tolong info rute Batu Licin menuju Palngkaraya om beserta jaraknya, hehehehehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batulicin - Plaihari - Banjarmasin - Kuala Kapuas - Palangka Raya +/- 500km

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  78. terima kasih om sebelumnya, mohon maaf merepotkan

    BalasHapus
  79. Salam kenal om, sy rencananya juli kepontianak dr samarinda. Bisa dbantu infoin rute2 nya kah. Terima kasih..

    BalasHapus
  80. Samarinda - Bpp-Tanjung-Tamiang Layang- Buntok - Palangkaraya - Sampit - Nanga Bulik - Pontianak lebih dekat.
    Atau Samarinda - Bpp - Barabai - Kandangan - Banjarmasin - Palangkaraya - Sampit - Nanga Bulik - Pontianak.

    Hapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih om agus. Rute lewat buntok untuk jalannya bagus kh. Untuk mobil avanza.

      Hapus
    2. Trima kasih om agus. Rute lewat buntok untuk jalannya bagus kh. Untuk mobil avanza.

      Hapus
  81. Om, saya dari pangkalan bun mao ke pontianak, ad bus atau travel yg di rekomendasikan? Trus apakah om ad kenalan ekpedisi barang berat atau truk charter rute kalbar ke kalteng? Terima kasih

    BalasHapus
  82. Kalau bus ya YESSOE dan DAMRI, perjalanan jauh sebaiknya pakai bus aja, Pbun-Ponti sekitar 700 km.
    Maaf sy gak punya referensi ekspedisi.

    BalasHapus
  83. Mantap pak... Ad yg mau tour mulai Tanjung selor ke pontianak lewat darat tp rencana pake roda 2? Rencana mau brpetulang bln 11 .. Klw ad tmn yg mau bisa emil arifanwar97@yahoo.com.. Slam kenal buat semuanya..

    BalasHapus
  84. Mantap pak... Ad yg mau tour mulai Tanjung selor ke pontianak lewat darat tp rencana pake roda 2? Rencana mau brpetulang bln 11 .. Klw ad tmn yg mau bisa emil arifanwar97@yahoo.com.. Slam kenal buat semuanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, ban gunakan yg tubless dan usahakan bukan musim hujan.

      Hapus
  85. Salam kenal Pak Agus,mohon sarannya rencana juli(liburan lebaran) sy dan klg mau ke singkawang dari bati2-tanah laut dg sopir cmn sy..kira2 saran bapak sy start dr sini jam brp trs rekomen sy nginep di mana saja,termakasih atas jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya seorang sopir dalam sehari maksimum menyopir dalam waktu 10-12 jam dalam jarak 500-700 km, sebaiknya dari Bati-bati sekitar pukul 06.00 WIB, bermalam di Sampit atau Pangkalan Banteng, setelah itu paginya Lanjut dan nginap di Balai Bekuak atau Teraju, baru lanjut ke Tayan - Pontianak - Singkawang.

      Hapus
    2. Bisa hubungi lewat WA 082149462995

      Hapus
  86. Terimakasih Pak agus atas responnya,no WA saya simpan dulu nanti jika jadi ke singkawang kalo ada pertanyaan sy minta ijin tanya ke WA bapak...

    BalasHapus
  87. samarinda-Bontang-Sangatta-Muara_Wahau-Tanjung_Redep bisa tembus 17 jam. Jalan aspal selang seling cor beton mulus tapi agak sempit dan banyak jurang sangat dalam. hutannya sangat-sangat lebat

    BalasHapus
  88. Pak Agus mohon info lama perjalanan dari pontianak ke balikpapan via jalur darat, dan apakah ada BUS atau travel yang bisa memfasilitasi? terima kasih Pak

    BalasHapus
  89. Kalau travel saya sarankan gak usah aja krn jarak tempuhnya hampir 1.800 km sangat capek, sebaiknya naik bus tetapi estafet. Dari Pontianak ke Pangkalan Bun, dari Pangkalan Bun ada yg ke Palangka Raya langsung Banjarmasin. Dari Banjarmasun ada yg langsung ke Balikpapan. Waktu tempuh krn estafet 3 harian.

    BalasHapus
  90. Salam pak agus.

    Saya bulan depan kerja di sampit.
    Apakah pilihan saya utk bolak balik ke pontianak selain dari pesawat udara. Adakah pekhidmatan kapal laut utk ke ponti dan berapa jam perjalanan.
    Mohon bantu penjelasan.

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Tanggal 24 Juni 2016 hari Jumat kemaren Saya berangkat dari Palangka Raya pukul 06.00 Wib menggunakan mobil avanza tahun pembuatan 2014 menuju ke Pontianak dengan KM di display mobil tercatat 89.775 Km. Isi bensin pertalite di Pom bensin Tangkiling habis 75 ribu, Isi bensin di Pom Sampit habis 78 ribu, Isi bensin di Pom bensin Simpang Runtu habis 80 ribu semuanya pertalite ya. Tiba di Lamandau pukul 15.30 wib dan langsung istirahat. Keesokan hari nya pukul 06.00 wib dari Lamandau langsung ke Kudangan dan pukul 09.00 wib melewati tapal Batas Kalteng dan Kalbar dan berfoto sejenak di perbatasan, perjalanan dilanjutkan melewati Nanga Tayap dan isi bensin di Pom Bensin Nanga Tayap khusus bensin saja, (pertalite habis) habis 122 ribu langsung lanjut - Balai Berkuak hingga Tayan. Alhamdulillah jembatan Tayan sudah selesai dibangun dan saya melewati jembatan tersebut pukul 13.30 wib. Dari jembatan Tayan, saya isi di Pom Bensin Tayan Pertalite habis 100 ribu dan langsung tembak ke Kota Pontianak -+ 2 jam perjalanan. Alhamdulillah tiba di Kota Pontianak Pukul 15.30 wib pada hari Sabtu Tanggal 25 Juni 2016 dan di layar display mobil dengan KM 90.334 Km, menempuh jarak Palangka Raya - Pontianak -+ 1059 Km, dan total cost untuk bahan bakar minyak Pertalite dan Bensin KHUSUS BERANGKAT saja dari Palangka Raya ke Pontianak habis -+ Rp. 455.000,-. Perjalanan yang mengesankan. CP saya Agung Palangka Raya 0857-5233-3716.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, blog dan komennya sangat menginspirasi, jadi kepengen melakukan trip dari banjarmasin - pontianak. Cuman bingung aja apa yang dilakukan setelah sampai dipontianak soalnya tidak ada kerabat dan kenalan di sana. Kalau ada yang bisa ngasih saran tambahkan di komen ya. Tks

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Buat admin pak agus saya simpan ya nomor WA nya nanti kalo berangkat bisa tanya tanya ya dan minta info lainnya

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  93. Terima Kasih pak Agus, info dari bapak sangat bermanfaat bagi kami sekeluarga, kami baru melakukan perjalanan dari Kabupaten Sidenreng Rappang (SULSEL)ke Kabupaten Sanggau (Kalbar)menyebrang di Kabupaten Barru ke Batu Licin menggunakan KM Awu-Awu,menyebrangi lautan selama 24 jam, kemudian dilanjutkan perjalanan sampai Palangka Raya menginap, kemudian besoknya dilanjutkan ke perjalanan sampai di Lamandau kami menginap, kemudian kami lanjutkan perjalanan ke Sanggau, sangat jauh namun sangat menyenangkan, sekali lagi terima kasih saya ucapkan pak, saya berharap bisa advanture lagi

    BalasHapus
  94. salam perkenalan...Saya dari Malaysia. terima kasih atas infonya...jd teruja utk berpejalnan ke Palangkaraya...kami sekeluarga sudah melewati Jambatan Tayan...memang Mantap...Sgt2 Cantik....Rencana hujung tahun nanti mau ke Palangkaraya pula. Kami sekeluarga memang sudah sering ke Pontianak, Singkawang, Sambas dari Kuching. Mohon diberi routenya kalo dari Jamabatan Tayan ke Palangkaraya..jarak dan kota2 yg dilalui serta penginapan yg ada...terima kasih

    BalasHapus
  95. 1.Pontianak-Tayan 113 km
    2. Tayan-Teraju 32 km
    3. Teraju-Bl Bekuak 52 km
    4. Bl Bekuak- Sungai Ruar 52 km
    5. Sungai Ruar Sandai 60 km
    6. Sandai-Ng Tayap 42 km
    6. Ng Tayap-Batas KB/KH 63 km
    8. Batas KB/KH-Kudangan 23 km
    9. Kudangan-Ng Bulik 114 km
    10. Ng Bulik-Smp Runtu 66 km
    11. Smp Runtu-P. Banteng 32 km
    12. P.Banteng-Smp Sebabi 84 km
    13. Smp Sebabi-Sampit 90 km
    14. Sampit-Kasongan  132 km
    15. Kasongan-Palangkaraya 88 km
    Penginapan bisa di Nanga Tayap atau Nanga Bulik

    BalasHapus
  96. pontianak samarinda melewati jalur darat memakan waktu brapa lama y,,,,n adakah travel or bus yg digunakan tujuan pnk samarinda,,mohon inpo ny pak.tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake kendaraan sendiri diluar waktu istirahat ditempuh sekitar 32 jam.
      Bus langsung belum ada, masih estafet.

      Hapus
  97. Pengalaman perjalanannya sangat bermanfaat sekali, saya ada rencana mau ke Pontianak dr Banjarmasin, kira kita tembus berapa jam ya om menggunakan roda 4?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banjarmasin - Pontianak lebih kurang 22 jam diluar istirahat panjang.

      Hapus
  98. untuk penginapan dan SPBU bagaiman antara tayan ke Kalteng...??
    Saya dari Kalbar rencana mau ke Sampit Sekitar bulan desember
    Mohon Info,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Tayan ke Sampit, tak perlu nginap, krn bisa ditempuh sekitar 13 jam, kalaupun mau nginap ada di Kudangan, Nanga Bulik, Pangkalan Banteng, spbu banyak, kalaupun tutup, tapi banyak bensin eceran

      Hapus
  99. thank info nya pak sangat membantu, rencana saya akan bertolak dari Ngabang(Landak) ke Sampit 21 Desember 2016.

    BalasHapus
  100. mohon info dari kawan2 triper..dari pontianak-pangkalanbun kira2 berapa kilometer..apakah jalannya udah aspal semua..adakah penginapan antara pontianak-pangkalanbun..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ptk - Pbun +/- 600 km jalan sudah aspal semua, waktu tempuh 11-12 jam jadi gak perlu nginap, kalaupun mau nginap idealnya di Nanga Tayap ada hotel Dakota.

      Hapus
  101. Terima Kasih Pak Agus, kami sekeluarga akhirnya mencoba jalur Pontianak - Palangka - Banjarmasin PP (Bulan Juli yang lalu).
    Jujur, saya sangat terbantu dengan informasi di blog bapak untuk merencanakan perjalanan kami sekeluarga, semoga hal ini menjadi ladang amal yang takkan terputus bagi Bapak & Keluarga... Amiin.
    FYI, kondisi jalan hampir semua mulus, tidak ada jalan yang rusak sehingga mobil sedan saya kira tidak akan mengalami masalah.
    Terima kasih Pak Agus, salam sejahtera selalu..
    Suryo (suryolelangatgmaildotcom).

    BalasHapus
  102. Mohon info pak, dr nanga tayap ke balikpapan, rute tercepatnya lwt mana ya pak? Waktu tempuh termasuk istirahat kr2 brp lama?

    BalasHapus
  103. mohon info pak...dari pontianak ke banjarmasin rutenya bagaimana?

    BalasHapus
  104. Salam kenal pak agus..
    Saya baru saja menemukan blog bpk, kebetulan bulan januari ini saya dan keluarga mau pergi ke sintang dari banjarmasin. Rute perjalananny apa saja ya pak, dan kira2 kami harus menginap dimana saja selama perjalanan, dan apakah jalan dan keadaan sepanjang perjalanan aman saja pak soalny baru pertama kali. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
  105. mudahan tarasai jua bajajalann sampai kalbar .. heee .. soalnya cma k kalbar az ge kada pernah .. kalo ke kalim sampai brau kaltara sudah d jalani .. hee mantaaaapp om .. lanjutkan artikel nya ..

    BalasHapus
  106. Saya baru baca blog Bapak dan infonya sangat lengkap, saya mau tanya kalau kita menyeberang ke kuching (malaysia) apa aja persyaratannya dan legalitas kendaraan serta sim kita apakah berlaku selama kita disana.

    BalasHapus
  107. paman agus ahlinya kalimantan yah?

    klo amuntai ke batu kajang kira2 berapa jam om?

    saya pengen kerja disana, katanya tambang batubara disana besar2

    BalasHapus
  108. pak agus ahli kalimantan ya?
    klo begitu dari amuntai ke batu kajang kira2 berapa jam pak?
    saya pengen kesana untuk kerja, katanya orang, tambang batubara disana gede2

    BalasHapus